Perbedaan Palet Plastik dengan Palet Kayu

Jan 08,2019
Bagi pengusaha khususnya yang berskala ekspor maupun impor penggunaan palet baik yang berbahan plastik atau kayu, bukan suatu yang asing lagi. Sementara untuk penggunaannya sendiri lebih banyak mana, tergantung produk pada yang di ekspor atau impor. Palet plastik dan palet kayu sama sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing.
Palet Plastik (H1)
Keunggulan Palet Plastik
Lebih hemat dari segi biaya
Produksi palet plastik jauh lebih tinggi dengan palet kayu dengan biaya yang sama. Disisi lain umur pemanfaatan palet plastik jauh lebih tahan lama bila dibandingkan dengan palet kayu. Pallet plastik rata-rata dapat digunakan kurang lebih selama 3 tahun.
Aman dan tidak merusak barang
Salah satu keunggulan dari pallet plastik tidak menggunakan paku pada sudut sudut palet yang dapat merusak barang layaknya pada palet kayu. Hal ini memastikan keamanan penggunaan palet plastik dan tahan lama.
Kuat dan tahan lama
Dari segi kekuatan, pallet plastik sudah tidak perlu diragukan lagi, palet plastik tahan terhadap semua kondisi cuaca baik dingin maupun suhu terpanas tidak akan meleleh.
Higynies, Banyak yang beralih dari penggunaan palet kayu beralih ke palet plastik, karena lebih higynies dan mudah dibersihkan
Kelemahan Palet Plastik
Ada beberapa jenis palet plastik tidak tahan terhadap sinar matahari yang panas, sehingga menyebabkan meleleh
Susah terurai, sebagian besar palet plastik yang sudah tidak dapat digunakan lagi langsung di buang, untuk mengurai agar membusuk di tanah butuh puluhan hingga ratusan tahun (non-biodegradable)
Bilamana dalam penggunaannya tidak sesuai dengan fungsinya, bahan kimia yang terdapat pada palet tersebut dapat merusak kesehatan.
-Harga palet plastik lebih tinggi dibandingkan harga palet yang berbahan kayu

Pallet Kayu (H2)
Kelebihan Pallet Kayu
Harga lebih murah, dari segi hari palet kayu lebih murah dibandingkan dengan palet plastik.
Dari segi pembuatan dan bahan yang digunakan palet kayu lebih mudah dan murah, tentu biaya produksi untuk palet kayu lebih murah dibandingkan dengan palet plastikDapat di daur ulang, berbeda dengan pallet plastik ketika rusak biasanya langsung dibuang, palet kayu dapat di daur ulang atau diperbaiki kembali.Lebih kokok terhadap beban berat.

Kelemahan Pallet KayuLebih mudah rusak, meski palet kayu lebih kuat dalam menahan beban, palet kayu lebih cepat rusak karena mengandung uap air, termakan rayap, mudah terbakar, dan lain sebagainya.Dapat meruska produk. Perakitan palet kayu menggunakan paku pada setiap sudut, tidak jarang merusak produk di dalamnya.Pemilihan Penggunaan Palet Berdasarkan Lingkungan (H3)Seperti dijelaskan di atas palet plastik lebih kuat di semua suhu, akan tetapi ketika rusak membutuhkan puluhan hingga ratusan tahun agar terurai sempurna di dalam tanah, hal ini dapat merusak lingkungan. Disisi lain pallet kayu lebih mudah rusak dikarenakan berbagai faktor seperti mengeluarkan uap air, mudah terserang rayap, maupun terbakar, akan tetapi ketika pallet kayu rusak dapat dengan mudah diperbaiki meski tidak sekokoh seperti baru. Disisi lain pallet kayu yang sudah tidak terpakai lagi dapat dirancang untuk penggunaan lain seperti pembuatan meja sederhana, lemari, bahkan manfaat terakhir dapat digunakan sebagai kayu bakar. Artinya pallet kayu tidak menyisakan limbah yang dapat merusak lingkungan.Hal lain yang tidak boleh terlewatkan adalah faktor keamanan, baik itu pallet kayu maupun palet plastik sama sama mudah terbakar. Bila terjadi kebakaran akan mudah merembet ke lingkungan sekitar. Untuk anda harus memahami kode gudang baik pallet berbahan kayu maupun plastik. Palet plastik lebih mudah terbakar atau meleleh ketika suhu lebih lebih tinggi daripada pallet plastik.Kesimpulan (H4)Baik pallet kayu maupun palet plastik sama – sama memiliki keunggulan dan kelemahan, pahami sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Selain itu faktor harga, faktor suhu dan lingkungan juga perlu anda pahami sebelum memutuskan penggunaan palet plastik ataupun pallet kayu.Sumber: Intracopallet
Lihat juga:Pabrik pallet plastik sangat sesuai standar kualitas