cara memelihara ikan mas koki

May 07,2018
cara memelihara ikan mas koki - Ikan yang mempunyai nama ilmiah Cyprinus auratus ini biasanya mempunyai wujud perut yang membulat dan ekor yang menjuntai lucu. Tubuhnya yang lucu dan gerakan tubuhnya yang unik membikin banyak orang kepincut untuk memeliharanya. Ikan ini mulanya berasal dari persilangan tipe ikan mas yang disebut maruko, yang berasal dari Jepang. Persilangan dan seleksi yang dilaksanakan oleh peternak selama berabad-abad alhasil mewujudkan bermacam-macam tipe mas koki seperti yang ada dikala ini.



Unsur air

Tiap tipe ikan tentu menginginkan hidup dalam keadaan air yang bagus, demikian juga mas koki ini. Mas koki termasuk ikan yang cukup ringkih dan gampang mati kalau keadaan air berubah dengan drastis dalam waktu singkat. Kita patut senantiasa menjaga air akuarium dalam keadaan bersih supaya ikan bisa hidup lama. Seandainya air akuarium telah berwarna kekuningan (yang menggambarkan kandungan nitrat tinggi) patut langsung dilaksanakan penggantian beberapa atau semua air akuarium.

Idealnya yaitu mengganti seperempat volume air akuarium tiap 3 hari sekali. Dengan menjalankan hal ini, keadaan air akan senantiasa maksimal dan mencegah ikan koki mati sebab keracunan nitrat. Nitrat sendiri ialah molekul yang berasal dari kotoran ikan mas koki, dan sayangnya ikan koki ialah tipe ikan yang banyak mengeluarkan kotoran. Nitrat bersifat racun, dan dalam fokus tinggi bisa mematikan binatang-binatang air.

Unsur makanan

Makanan ialah elemen penting lain bagi kehidupan koki. Memberi makan ikan koki peliharaan ialah hal yang ditunggu-tunggu dan benar-benar menyenangkan hati. Dan sebab benar-benar asiknya pengerjaan memberi makan ini, banyak orang yang lupa daratan dan memberi makan dalam jumlah yang berlebihan. Unsur "kebanyakan makan" inilah yang membikin banyak ikan koki mati mendadak.

Makan ialah keperluan tubuh, melainkan sekiranya kebanyakan justru bisa menjadi bumerang. Koki ialah ikan yang rakus, mereka akan makan terus selama ada makanan di sekitarnya. Meskipun ikan ini mempunyai pencernaan yang gampang kenyang. Seandainya dikasih makan berlebihan, sebagian waktu kemudian ikan akan berenang terbalik sebab munculnya banyak gas di perutnya.

Yang perlu dilihat yaitu "jangan memberi makan terlalu banyak". Kasihlah makan ikan koki anda 2 atau 3 kali sehari dalam jumlah yang cukup, ingat cukup saja jangan berlebih. Cukup disini didefinisikan dengan memberi makan ikan koki sejumlah tertentu yang bisa habis selama 15 menit. Seandainya selama 15 menit makanan belum habis, karenanya anda memberi makan terlalu banyak dan perlu dikurangi.

Biofiltrasi

Tehnik biofiltrasi yg bagus datang dari penggemar ikan koi. kunci dari tehnik ini.Merupakan pengaplikasian media filtrasinya. di antara media terbaik yakni memakai matt sintetis buatan jepang, yg kini ini banyak didapati di warung ikan hias.

Fungsi dari media ini bisa menjalankan pemfilteran kotoran ikan dan membendungnya, hal ini bisa menstimulasi perkembangan dari kuman nitrobacter didalamnya. Aerasi yang diterapkan sepatutnya cukup banyak serta waktu biofilter hal yang demikian telah berjalan, karenanya environment akuarium/ kolam ikan hal yang demikian sudah jadi stabil.

bagi hobiis yang malas menguras air akuarium, sistem ini pastinya sangat ideal, dikarenakan tidak memerlukan pengurasan air yang terlalu tak jarang. namun demikianlah kelemahan yg ada yakni bahwa dengan air tak dahulu diganti, mengakibatkan zat/mineral yg diperlukan ikan menjadi kurang, sebab zat hal yang demikian ada di dalam air yang masih baru, sehingga dapat mengakibatkan ikan warnanya jadi kurang cemerlang. Tehnik ini bisa disertai dengan penggantian air parsial dengan teratur.
Demikianlah cara memelihara ikan mas koki, semoga bermanfaat.
Topikanguppy.com